Malas Mandi

Bismillahirrahmanirrahim Akibat libur panjang di saat Summer, pun jarang main keluar jadinya kadang-kadang Adek jadi males mandi. Mungkin apa karena anak laki-laki ya, makanya kadang nggak peduli dengan kebersihan badan sendiri. Nah kebetulan nih, bisa dijadikan tema cerita hari ini supaya muncul kepedulian terhadap badannya sendiri.
Eh benerann, Sore hari setelah Ashar dia minta mandi. Alhamdulillah... Berikut ceritanya:
Ada seorang anak yang bernama Anton, dia anak yang malas mandi. Alasannya takut air. Tak jarang ia pergi ke sekolah tanpa mandi, hanya cuci muka dan gosok gigi saja. Sehingga banyak teman-temannya yang menjauhinya karena badannya bau. 
Orang tuanya capek mengingatkannya terus, karena Anton terlalu kebal untuk dinasehati. "Orang tuamu pasti senang denganmu, ya Ton?" Tanya Huda.
Huda adalah sahabat karib Anton yang tahan berdekatan dengannya. Teman yang lainnya banyak yang tidak kuat. Mereka akan menutup hidung lalu pergi menjauh karena tidak tahan dengan bau badan Anton. "Maksudmu apa? Aku tidak paham." Jawab Anton dengan kening berkerut.
"Maksudku mereka pasti senang, Sabun yang di rumah awet, karena jarang terpakai olehmu. Jadi uang untuk beli Sabun bisa ditabung. Haha..." Jelas Huda sambil tertawa geli.
"Ah dasar kamu…" balas Anton sambil menjitak kepala Huda. Tiba-tiba Anton menggaruk-garuk seperti seekor Kera, ia merasa gatal-gatal di sekujur tubuhnya.
"Kenapa, Ton. Gatel ya?" Tanya Huda.
"Iya nih, duh gatel banget…" Jawab Anton.
"Loh, itu sampai terluka gitu loh. Ih, ngeri banget sih" celetuk Huda sambil bergidik.
Anton terlalu keras saat menggaruk, dan kukunya juga panjang-panjang belum dipotong. Akibatnya banyak yang terluka di area yang digaruk tadi. Sesampai di rumah, rasa gatal belum juga hilang. Dia masih terus menerus menggaruknya karena nggak tahan gatal. Dan hal ini ketahuan orang tuanya. 
"Loh, kok banyak luka di badan kamu. Seperti bekas kena cakar. Emang kamu bertengkar di Sekolah tadi?" Tanya ibu Anton. "Eng...enggak Bu. Ini aku yang menggaruk karena gatal sekujur badanku" jawabnya. "Nah, kamu sih jarang mandi. Memang berapa hari kamu nggak mandi? Sudah diperingatin padahal, kamunya aja yang bandel. Sekarang kalau lecet-lecet begini gimana coba? Nanti banyak kuman yang masuk ke lukamu ini jadi infeksi. Ya sudah, nanti sore kita ke dokter" keluh ibu Anton dengan nada kesal. Sore harinya, Anton dan orang tuanya pergi ke dokter Kulit dan Kelamin. Di sana Anton diberi obat dan dinasehati dokter untuk menjaga kebersihan badan, minimal mandi sehari dua kali. Dan mulai sekarang setiap hari Anton jadi rutin mandi, ia takut kena penyakit kulit jika tidak menjaga kebersihan badan, seperti yang disampaikan dokter. 
==========================================================================
Pesan:
Pentingnya menjaga kebersihan  badan

#GrabYourImagination
#KuliahBunSayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter