Cerita tentang Pawon

Bismillahirrahmanirrahim Akibat kemarin Kakak buka Album Foto jadul, jadinya hari ini aku mendapatkan ide untuk berbagi cerita dengannya tentang hal-hal ataupun benda-benda yang ia temukan sewaktu kami mudik di tahun 2015 (sewaktu ia masih berusia 7 tahun). Nah, untuk hari ini Prista mendapati foto saat ia sedang berada di depan tempat memasak tempo dulu (yang kebanyakan digunakan oleh orang-orang zaman dulu untuk memasak). Kebetulan di rumah mertua masih mempertahankan dapur tradisionalnya, jadi masih original. Namun sekarang hanya dipakai untuk merebus Air, setelah adanya Kompor Gas.  Prista penasaran dengan namanya dan alasannya orang dahulu menggunakan alat tersebut. Ya, adalah Pawon yang dia maksudkan. Kemudian aku bercerita tentang Pawon ini kepadanya. Berikut ceritanya:
Pawon adalah sebutan dapur bagi orang Jawa, bisa dibilang Dapur Tradisional. Pawon ini sebuah tempat untuk memasak yang mana bentuknya menyerupai Tungku yang terbuat dari Batu-bata dan dilekatkan dengan Tanah liat, bahan bakarnya dari Kayu yang sudah kering.

Prista saat bermain di depan Pawon
Karena zaman dulu belum ada listrik, makanya semua kegiatan memasak dilakukan di Pawon. Nah, biasanya Pawon ini ada di bagian rumah paling belakang, dekat dengan Kamar Mandi seperti di rumahnya Mbok Wo itu.   Dulu sewaktu Mama masih kecil, suka sekali main ke rumah Mbah Yut untuk main masak-masakan di Pawon. Kata Mbah Yut, kalau di depan Pawon, nggak boleh bernyanyi atau bersiul, jika bernyanyi atau bersiul di Pawon akan berakibat tidak baik karena konon katanya ada “penunggunya”. Meski hanya sekedar mitos, namun waktu itu Mama nurut aja sih.
====================================================================
Respon setelah cerita berakhir:
Muncul pertanyaan; apa itu Tungku, Tanah liat dan Batu-bata.  Tujuan:
Pengenalan budaya dan alat tradisional. #GrabYourImagination
#KuliahBunSayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter