Mengenal Konsep Utang ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

Dalam mendidik anak cerdas secara Finansial, tak ada salahnya jika kita sebagai orangtua mengenalkan konsep Utang. Ada 2 item yang saya jelaskan pada hari ini, yang pertama yaitu mengenai apa itu Utang, kemudian penjelasan kedua bagaimana caranya agar kita terhindar dari Utang? perlu tidaknya kita berutang kepada orang lain atau lewat lembaga keuangan. Pengenalan konsep itu agar anak paham bahwa Utang boleh dilakukan asalkan dalam kondisi tertentu. Terutama mengenalkan kepada anak mengenai konsep Utang yang baik, hal ini ditujukan untuk mencegah anak-anak terjerumus pada utang yang buruk di masa mendatang.


Penjelasan pertama, saya mulai dari penjelasan apa itu Utang. “Utang adalah uang yang dipinjam dari orang lain yang harus dibayarkan pada waktu tertentu atau sesuai dengan kesepatan. Orang yang berutang wajib membayarnya” tuturku pada Prista. “Orang yang berutang/mempunyai Utang harus membayarnya, ga boleh engga” sambungku dengan kalimat sederhana yang sekiranya dia paham. Terlihat manggut-manggut saat menyimak penjelasan dariku, hehe…Tadi sekalian praktik juga sih, saya pura-pura jadi pihak peminjam dan ia pemberi utang, kami lakukan kesepakatan kapan Utang harus dibayarkan.  

Penjelasan kedua, perlu tidaknya kita berutang. Saya tekankan bahwa kita sebaiknya menghindari Utang ini, apalagi Utang kepada lembaga keuangan karena ada unsur yang diharamkan oleh Allah. Belum sampai menyebut Riba, karena menjelaskan mengenai ini tidak gampang dan butuh waktu, hehe…”Sebaiknya kita banyak menabung untuk kebutuhan kita. Membeli barang-barang yang hanya kita butuhkan, bukan yang kita inginkan (you need, not you wants). Dengan cara seperti itu kondisi keuangan kita stabil dan kita ngga perlu Utang pada orang lain atau lembaga keuangan” jelasku padanya. Penjelasan kali ini cukup singkat dan sederhana, mudah-mudahan dengan penjelasan yang sedikit ini menjadi bekal Prista dalam memahami konsep keuangan.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter