Mengenal konsep "Kebutuhan dan Keinginan" ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

Meneruskan penjelasan konsep “Kebutuhan dan Keinginan”  yang telah dibahas kemarin ternyata tidak mudah. Prista masih menyamakan antara konsep tersebut. Mungkin karena masih usianya belum mencukupi untuk memahaminya. Maka diperlukan strategi khusus agar dia memahami perbedaan antara Keinginan dan Kebutuhan.


Masih menggunakan toples-toples yang kemarin ia gunakan dalam 3S, kali ini saya lebih menekankan dalam hal berapa lama pengisian toples, sehingga ia dapat membeli benda yang ditargetkan. Lama waktu pengisian yang dibutuhkan akan bervariasi bergantung pada harga barang yang ingin dibeli. Misalnya saja, sebuah alat tulis, aksesoris, dan ataupun perlengkapan gambar (kebetulan lagi suka mengoleksi barang ini) seharga 50 QAR. Kemungkinan, waktu menabung yang dibutuhkan sekitar satu atau dua minggu berdasarkan uang komisi yang diberikan. Jadi, untuk barang-barang yang lebih mahal lainnya, maka akan dibutuhkan waktu 2 bulan untuk mencukupi harga barang tersebut.

Dengan penjelasan seperti di atas, diharapkan anak mengerti akan kedua konsep tersebut dan menjadikan suatu rangsangan agar lebih giat dalam melakukan kegiatan-kegiatan tambahan agar mendapatkan Uang Ekstra sehingga akan banyak uang yang masuk dan tabungan buatnya.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter