Mengenal Bisnis ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

Cara Mendidik agar Anak Cerdas Finansial yang lainnya, yaitu dengan mengajarkan anak tentang bisnis. Mengelola bisnis bisa diterapkan pada anak, karena berbisnis juga merupakan pembelajaran tentang cara mendapatkan uang dari menjual suatu produk. Dengan berbisnis, otomatis mengajarkan juga mengenai bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar nantinya. Tentu pembelajaran dalam berbisnis ini dikemas dengan cara sederhana agar mudah dimengerti sang anak.

Untuk kegiatan hari ini adalah dengan cara memaksimalkan potensi/bakatnya yaitu menggambar. Mendukung minatnya, dengan memberikan pekerjaan yang sesuai dengan minat yang ia sukai saya yakin akan menghasilkan potensi bisnis yang baik. Saya minta Prista untuk menggambar saya (membuat versi anime) tentunya dengan menggunakan media Foto agar bisa dicopy dan di sini saya berperan sebagai pihak ‘pembeli’. Setelah setengah jam berlalu, Prista menunjukkan hasil karyanya. Ternyata hasil nggak sama dengan Foto (contoh), sepertinya punya imajinasi yang berbeda dengan menciptakan sebuah karya yang tidak sama ‘plek’ dengan contoh.

Sebelum bertransaksi, saya berikan masukan dan penilaian terhadap karya itu. Kemudian masuk ke negosiasi harga, saya tanya padanya, kira-kira harganya berapa untuk hasil karya yang telah ia selesaikan saat ini, awalnya ia minta 100 QAR, kemudian saya nego jadi 10 QAR karena banyak yang harus diperbaiki supaya bernilai jual lebih. Akhirnya kami deal  dan transaksi langsung kami lakukan “Okay, give me 10 QAR” kata Prista. Dengan adanya evaluasi seperti hari ini diharapkan skill-nya akan cepat berkembang dan ia menghasilkan sebuah bisnis yang menguntungkan.

Untuk tahapan berikutnya, mungkin dengan mengajarkan membuat kontrak kerja atas karyanya. Seperti harga, deadline penyerahan, dan jenis karya yang akan dibikin. Mengajarkan anak untuk berbisnis skala kecil tentu baik untuk masa depannya. Siapa tahu, kelak ia bisa menjadi pebisnis sukses di suatu hari nanti, Aamin... Selain itu, dengan belajar berbisnis, otomatis dia juga akan belajar mengatur keuangan dengan baik.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter