Menstimulasi Anak Suka Matematika - Day 2

Bismillahirohmanirrohim Perkembangan dan pertumbuhan anak harus distimulasi dengan baik, agar perkembangannya dapat optimal. Salah satu tugas yang perkembangan yang harus distimulasi adalah perkembangan kognitif dengan mengenalkan benda-benda di sekitarnya. Berpikir matematika logis merupakan berpikir secara rasional. Proses yang digunakan dalam matematis-logis antara lain penggolongan, pengambilan kesimpulan, dan berhitung. Dalam hal ini seorang anak dikatakan dapat dan mampu berpikir matematis logis dapat dilihat saat anak mampu memecahkan masalah sederhana, mampu berhitung dan mampu membedakan ukuran (panjang, pendek, tinggi, besar dan kecil). Berdasarkan latar belakang di atas, maka hari ini saya menggunakan media Uang dalam pembelajaran Matematika (pengurangan) untuk Aqmar. Sebagai informasi, saat ini Aqmar usia 7 tahun dan kelas II di Primary School. Kurikulum Matematika untuk kelas II tentang bentuk, Penjumlahan dan Pengurangan. Berikut narasinya
Seperti biasa, tiap hari Kamis dan Jumat anak-anak ada jadwal TPA. Dan minggu pertama awal bulan waktunya untuk membayar SPP buat mereka. Untuk Prista sudah kemarin dibayarkan, namun untuk Aqmar baru hari ini. Setelah mandi dan pakai Thobe (pakaian ala arab yang biasa dipakainya setiap pergi TPA maupun sholat) kalau di Indonesia disebut Baju Koko, kemudian persiapan dengan membaca Iqro dan murojaah Al Quran. Setelah selesai dan sambil menunggu jemputan dari temannya, saya sampaikan padanya untuk menyerahkan uang SPP kepada gurunya. Berikut percakapannya: “Adek, hari ini waktunya bayar SPP dan yang harus dibayarkan sebesar 40 Riyal”
“Kalau Mama kasih 50 Riyal ke Adek, berarti bu guru nanti balikin uang ke Adek berapa Riyal?” tanya saya. (Catatan: sebenarnya SPP sendiri ia tidak paham, yang ia tahu cuma tiap bulan ada uang yang harus disetorkan kepada gurunya). Dan kemudian selang beberapa detik dia menjawabnya.
ten, Mama” jawabnya sambil merentangkan jari-jarinya.


Untuk menstimulasi, saya menaruh pecahan 10 Riyal (4 lembar) dan 50 Riyal (1 lembar). Awalnya dia tidak begitu paham maksud saya, kemudian saya tambahkan ilustrasi dan sedikit penjelasan (dalam bahasa Inggris) akhirnya dia paham dan langsung bisa menjawabnya.

#harike2
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter