Mengamati Gaya Belajar Anak Hari ke-9 (Fry)

Bismillahirohmaanirrohim

Melanjutkan tentang tema diskusi kemarin, hari ini kebetulan weekend dan saya mengajak diskusi Prista untuk mengisi hari ini dengan kegiatan.
    “Kak, enaknya hari ini ini bikin apa yah?” tanya saya.
    “Kebetulan Mama punya stok Kentang”.
    “Hemmm, apa ya?” jawabnya sambil berpikir-pikir.
    “Bagaimana kalau bikin Donat?” saya mencoba menawarkannya.
    “Ah, iya...mau Ma” jawabnya sambil girang.
    “Nanti bantuin Mama ya!” pinta saya.
    “Iya, Ma” jawabnya.
Memang momennya pas banget sih, di sini sedang Winter...jadi enaknya bikin makanan kesukaan anak-anak. Awalnya saya ingin mengajaknya belajar dari proses pembuatan sampai penggorengan. Duh, tapi ternyata Prista juga sibuk dengan Recoder nya, ya sudahlah pikirku, berarti hari ini belajar menggoreng saja. Karena selama ini jika saya amati Prista ini agak takut menghadapi Kompor (takut kena panas), jadi perlu belajar dan dilatihkan agar terbiasa.

Proses pembuatan sudah selesai, nah saatnya menggoreng. Saya panggil ia, yang sedari tadi sibuk dengan Recoder nya. Kemudian ketika saya menggoreng, saya coba menjelaskan bagaimana cara menggoreng yang aman, dan ia tampak memperhatikan betul sambil manggut-manggut, ahaha…
Lalu saya jelaskan pula, bahwa saat proses menggoreng Donat perlu dibolak-balik agar tidak gosong, ia pun menyimak (melihat dan mendengarkan) dengan seksama. Yang terakhir, saya minta ia untuk praktik langsung. Awalnya agak takut, karena panas...saya coba meyakinkan kalau ini aman dan akhirnya dia mau. Sekali dua kali lama-lama dia enjoy, terlihat lihai saat mencemplungkan Donat (minyak tidak muncrat), cara ia membolak-balik dan meniriskan juga sudah bisa. Yeay, alhamdulillah...   
   

#harike9
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#Gayabelajaranak
#kuliahbunsayIIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter