Mengamati Gaya Belajar Anak Hari ke-7 (Ironing)

Bismillahirohmaanirrohim

Untuk laporan hari ini, saya ingin flashback kegiatan sewaktu Game Level 2 kemarin, yakni tentang Melatih Kemandirian Anak. Untuk Prista waktu itu keterampilan yang saya latihkan tentang kegiatan Menyetrika.

Menurut pakar Parenting, hehe.. bahwa salah satu kunci sukses dalam hidup adalah memiliki kecakapan-kecakapan hidup (Life Skill). Cara terbaik dan termudah untuk mengajarkan Life Skill yang kelak sangat berguna ketika anak-anak sudah remaja, apalagi dewasa dan bekerja nanti adalah dengan membiasakan mereka membantu menyelesaikan tugas-tugas kerumah-tanggaan. Tugas rutin harian ini sekaligus akan membentuk rasa berguna di dalam dirinya. Rasa berguna, ini sangat mempengaruhi rasa percaya diri yang sehat.

Dan, menurutnya untuk melatih Life Skill anak ini harus disesuaikan dengan umurnya. Jadi, pas banget jika kegiatan menyetrika ini dilatihkan pada Prista sekarang. Pada awalnya sih masih kaku dan lamaaaa banget, sempat mamak ga sabar, namanya juga masih belajar ahaha...namun keesokan hari sudah mulai lancar, tanpa pengawasan dan instruksi lagi. Jadi benar apa kata pepatah bahwa “kesabaran akan membuahkan hasil” dan alhamdulillah sampai detik ini Prista sudah terbiasa dengan tugas dan tanggung jawab atas pakaiannya sendiri.

#harike7
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#Gayabelajaranak
#kuliahbunsayIIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter