Tidur, yuk! (Tantangan Hari Ke-3)

tidur yuk

Bismillahirrohmanirrohim

Waktu sudah menunjukkan Pukul 21.00 PM dan hari ini kebetulan suami kerja sore, badan sepertinya tidak bisa diajak kompromi, rasanya lelah sekali setelah seharian disibukkan oleh pekerjaan domestik.

Ingin rasanya segera merebahkan badan yang sejak tadi lungkrah dan segera mungkin memejamkan mata. Tapi begitu nengok ke bawah, ternyata anak-anak masih keasyikan nge-game, karena memang hari ini masih libur.

Dalam tantangan kali ini saya ingin menerapkan Kaidah 7-38-55 serta KISS (Keep Information Short & Simple). Albert Mehrabian menyampaikan bahwa pada komunikasi yang terkait dengan perasaan dan sikap (feeling and attitude) aspek verbal (kata-kata) itu hanya 7% memberikan dampak pada hasil komunikasi. Komponen yang lebih besar mempengaruhi hasil komunikasi adalah intonasi suara (38%) dan bahasa tubuh (55%).

Karena selama ini saya sering menggunakan suara saja ketika berbicara ke anak, yang ternyata hanya 7% mempengaruhi keberhasilan komunikasi saya kepada mereka. 38% dipengaruhi intonasi suara dan 55% dipengaruhi bahasa tubuh.

"Kakak-adik (sebutan saya kepada si sulung & si bungsu)...tidur yukk! sudah malem niy...Mama juga udah ngantuk (sambil saya ucek-ucek mata saya) " Pinta saya.

"Bentar Ma..." Jawab mereka serentak.

Kemudian saya katakan lagi "ok, 5 menit lagi yah nge-game nya setelah itu kita tidur..." "Ok, Ma..." Jawab mereka lagi.

Tapi, ternyata setelah 5 menit mereka pun belum bergegas untuk meninggalkan ruang komputer. Kemudian saya hampiri lagi untuk kali kedua sambil saya tatap wajah mereka sembari mengelus pundak mereka berdua…

"Kakak-adik, ke atas tidur yuk! tuh matanya sudah merah semua, dah lelah dan minta merem itu, ya kan?" "Emm...besok masuk sekolah ga ya?" "Iya.." jawab mereka. "Nah, kalau begitu ayo kita segera tidur biar besok bisa bangun pagi dan tidak ngantuk di sekolah, gimana?" "Ok Ma" jawab mereka.

Kemudian kami ke atas, seperti biasa sebelum tidur saya selalu membiasakan pada anak-anak untuk cuci tangan dan kaki.

"Yuk baca doa dulu sebelum masuk kamar mandi!" Pinta saya. Setelah selesai dari kamar mandi, kamipun langsung menuju tempat tidur. Eeh, belum ada 5 menit mereka langsung pulas. Dan lupa baca doa pula, duhh... Mungkin sejak tadi, mereka menahan kantuk demi nge-game, hehe...

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa juga menerapkan ilmu dari E-book Komunikasi Produktif IIP, biasanya sih saya kalau menyuruh anak-anak langsung to the point, ga pernah pakai basa basi (alhasil anak-anak terlihat jengkel, hehehe..) #hari3 #gamelevel1 #tantangan10 hari #komunikasiproduktif #kuliahbundasayang #institutibuprofesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter