aprilhatni.com

Pengaruh Platform Langit Musik Terhadap Band Indie Indonesia

33 comments
langit musik indihome

Jika berbicara tentang musik, tentu tak asing lagi dengan istilah musik indie dan stigmanya. Indie bukanlah sebuah aliran musik, melainkan berasal dari kata “independen” yang artinya bebas.

Jadi, musisi dapat disebut indie adalah musisi yang memproduksi karya-karyanya dan mendistribusikan musiknya sendiri melalui label rekaman secara independen, tanpa terikat dengan label musik populer.

Musik indie muncul di Indonesia sejak tahun 1980-an, diawali dengan musik punk-rock. Lalu di era 1990-an masyarakat Indonesia cenderung memakai nama underground, karena cenderung bergenre keras. Pas Band salah satu band yang memulai tradisi perilisan album secara independen. Album perdana mereka sukses terjual 5000 keping.

Saat ini musik indie menjadi fenomena tersendiri, bahkan setiap daerah banyak musisi lokal yang bermunculan dengan warna musiknya sendiri di setiap karyanya. Di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta merupakan kota yang memiliki semangat independen. Fenomena ini membuat kompetisi dalam bermusik semakin terasa, hingga mendorong majunya musik indie saat ini.

Anda tentunya pernah mendengar Langit Musik. Ya, Langit Musik adalah platform streaming musik yang mendukung perkembangan band lokal dan indie. Saat ini, platform streaming musik semakin digemari oleh masyarakat. Kita bisa mendengarkan musik secara langsung tanpa mengunduhnya dan lebih mudah untuk memilih lagu melalui library.

Kehadiran platform streaming ini sebagai upaya untuk mengurangi pembajakan dalam karya musik. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat serta didukung koneksi internet yang luas, semakin memudahkan masyarakat untuk menikmati musik kapan dan di mana saja.

Lalu, bagaimana platform streaming musik tersebut dikatakan mampu memberikan pengaruh besar terhadap industri musik/ band indie di Indonesia?

Pengaruh Streaming Musik Terhadap Band Indie di Indonesia

Menurut laporan Global Music Report 2021 yang diterbitkan oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), pasar musik digital Indonesia tumbuh sebesar 21,5% pada tahun 2020, dengan aplikasi streaming musik menjadi sumber pendapatan terbesar dalam industri musik di Indonesia.

Aplikasi streaming musik telah menjadi sarana penting bagi band indie di Indonesia dalam mempromosikan karya mereka dan mencapai audiens yang lebih luas. Berikut adalah beberapa peran penting aplikasi streaming musik untuk band indie di Indonesia:

1. Memperluas Akses ke Musik Lokal

Aplikasi streaming musik memperluas jangkauan musik lokal dan indie ke seluruh Indonesia, bahkan dunia internasional. Hal ini tentunya membawa pengaruh positif bagi industri musik lokal yang sebelumnya hanya dapat menjangkau pasar tertentu.

2. Menambah Penghasilan

Aplikasi streaming musik memberikan kesempatan band indie di Indonesia untuk menghasilkan uang dari musik mereka. Setiap pemutaran lagu di aplikasi streaming musik, band akan mendapatkan royalti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian, aplikasi streaming musik dapat membantu band indie untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan stabil.

add on langit musik indihome

3. Meningkatkan Profesionalisme

Dengan menggunakan aplikasi streaming musik, band indie dapat mengelola musik mereka secara profesional. Mereka dapat membuat profil, mengupload lagu dan album, memantau jumlah stream dan penghasilan, serta menganalisis data pendengar.

Hal ini membantu band indie untuk memahami audiens mereka dan mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mempromosikan karya mereka.

4. Memudahkan Distribusi Musik

Aplikasi streaming musik juga telah memudahkan distribusi musik di Indonesia. Mereka dapat mempromosikan musik mereka secara mandiri melalui aplikasi streaming musik dan media sosial. Hal ini membuka peluang lebih besar bagi musisi dan band lokal untuk terkenal dan sukses.

Dilansir dari situs teknologi Pricebook, salah satu aplikasi streaming musik yang paling konsisten dalam mendistribusikan dan mengangkat karya musik band lokal, juga indie adalah Langit Musik.

Langit Musik, Add-on terbaru dari IndiHome

Langit Musik adalah salah satu layanan Add-on IndiHome yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses jutaan lagu dari berbagai genre musik di seluruh dunia. Platform ini dikembangkan oleh anak usaha Telkom Indonesia, Langit Musik Digital Nusantara, yang bekerja sama dengan NUON Digital Indonesia dan memiliki misi untuk mendukung perkembangan musik indie di Indonesia.

Langit Musik juga menjadi salah satu platform, bahkan satu-satunya streaming musik yang menggunakan sistem revenue sharing alias pendapatan bagi hasil. Langit Musik mendapatkan pendapatan dari penjualan paket premium dan bundling yang dikenakan kepada pengguna aplikasi.

Platform ini bisa diunduh melalui Play Store, App Store, AppGallery, maupun langsung diakses melalui website.

Fitur Pop Lokal dan FM Radio Streaming

Add-on Langit Musik memiliki fitur yang berbeda dari layanan streaming musik lainnya. Pada 9 Maret 2023 lalu, bertepatan dengan Hari Musik Nasional, Langit Musik meluncurkan fitur terbaru, yaitu Pop Lokal dan FM Radio Streaming.

Fitur Pop Lokal berisikan seluruh karya musisi dan kreator konten tanah air. Kehadiran fitur ini semakin mengukuhkan komitmen Langit Musik yang terus fokus mendukung musik Indonesia.

Menurut Aris Sudewo selaku CEO NUON Digital Indonesia, tampilan Pop Lokal ini diharapkan dapat membantu para musisi dan penikmat musik lokal mengakses karya musik baru dari tanah air, ada berbagai konten lokal berkualitas dihadirkan mulai dari genre dangdut, pop dan masih banyak lagi.

Selain itu, Langit Musik juga menghadirkan fitur terbaru seperti FM Radio streaming dan live podcast. Di mana Langit Musik membuka channel FM Radio streaming sehingga lebih dari 10 juta pengguna Langit Musik dapat menikmati siaran dari sejumlah radio secara langsung serta didukung dengan live podcast yang diisi oleh podcaster pilihan dan dapat berinteraksi secara langsung dengan sang podcaster.

Cara Mengakses Add On Langit Musik IndiHome

Bagi pengguna IndiHome TV, kini dapat menikmati layanan Langit Musik yang telah hadir di dalam layanan IndiHome TV yang menggunakan perangkat Set-Up-Box (STB). Pelanggan dapat melakukan streaming seluruh lagu dan podcast di katalog Langit Musik dengan koleksi lebih dari 11.000.000 lagu lokal dan internasional serta podcast pilihan.

add on langit musik indihome

Untuk dapat berlangganan layanan Langit Musik di IndiHome TV selama 30 hari, tersedia dua paket pilihan, yaitu Silver dengan harga Rp5.000 dan Gold Premium dengan harga Rp10.000.

Cara untuk menikmati layanan Langit Musik di IndiHome TV adalah sebagai berikut:
  • Buka Usee Apps Store yang ada pada IndiHome TV.
  • Cari aplikasi Langit Musik.
  • Install aplikasi Langit Musik.
Nomor IndiHome Anda otomatis akan terbaca saat pertama kali login dalam aplikasi Langit Musik. Jika Anda belum berlangganan IndiHome, silahkan menghubungi Customer Service (CS) 147.

Cara menggunakan Langit Musik melalui Aplikasi Mobile:
  • Pilih Login menggunakan Account My IndiHome
  • Setelah itu pelanggan akan di arahkan ke Login My IndiHome (Masukan email dan password)
  • Pelanggan akan mendapatkan OTP berupa SMS dari My IndiHome, bila sudah berhasil login pelanggan akan diarahkan ke aplikasi Langit Musik kembali.
  • Pelanggan bisa segera menggunakan aplikasi Langit Musik
Tertarik untuk berlangganan Langit Musik? Bagi kalian pengguna Internet cepat IndiHome hanya dengan menambahkan add-on Langit Musik dan membayar Rp10.000 rupiah sudah langsung bisa menikmati beragam musik, baik lokal maupun internasional selama 1 bulan penuh. Nah, seru kan?
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

33 comments

  1. Alhadulillah kehadiran Langit Musik ini memberi banyak sesuatu untuk musisi indie Indonesia ya, Mbak. Karena mendapat dukungan, mereka terus semangat berkarya yang akhirnya membuka pintu rezeki juga.

    ReplyDelete
  2. Banyaknya koleksi yang ada di Langit Musik ini menunjukkan kalau banyak musisi yayng mendapatkan manfaat dengan hadirnya aplikasi streaming ini. khususnya musik lokal dan indie. bangga dengan apa yang dilakukan IndiHome melalui Langit Musik

    ReplyDelete
  3. dengan cukup berlangganan add-on Langit Musik, maka secara tidak langsung kita telah mendukung perkembangan musisi Indonesia di platform streaming musik Tanah Air

    ReplyDelete
  4. Pilihan musik jadi semakin beragam berkat Add On Langit Musik, ya. Bisa langsung masuk tagihan Indihome juga.

    ReplyDelete
  5. Band Indie harus butuh dukungan dari beberapa platform musik. Contohnya ya add on Lqngit Musik dari IndiHome. Menjadi solusi bagi para musisi indie untuk menunjukkan karyanya kepada masyarakat luas

    ReplyDelete
  6. Band indie makin bersinar karena platform Langit Musik nih. Apalagi bs diunduh di seluruh dunia pake internet cepat IndiHome. Dengerinnya jg paket internet dari Telkom Indonesia ini.

    ReplyDelete
  7. Makin keren nih layanan IndiHome dengan adanya add on langit musik. Bukti nyata kepedulian IndiHome terhadap pegiat musik mandiri

    ReplyDelete
  8. Band Indie makin dikenal berkat platform Langit musik, sementara penggemar musik jadi punya pilihan yang semakin beragam. Keren.

    ReplyDelete
  9. Makin mudah berlangganan Langit Musik dengan IndiHome add-on. Dan harganya juga lumayan terjangkau bisa menikmati puluhan lagu sepuasnya

    ReplyDelete
  10. Dengan adanya Langit Musik, band indie jadi punya wadah ya untuk performance lagu-lagunya. Dulu kan harus manggung sendiri & mengeluarkan biaya...Keren IndiHome

    ReplyDelete
  11. Layanan Add On Langit Musik memudahkan musisi tetap berkarya dan musiknya kita bisa menikmati bersama.

    ReplyDelete
  12. baru langit musik deh kayaknya yang support musisi indie indonesia. kalau di luar ya biasa kan ada bandcamp dan spotify. meski tergerus jaman dan musisi major label, musik indie tetap bisa bertahan karena punya fans yang menyukai musik yang gak pasaran.

    ReplyDelete
  13. semoga dengan adanya internet cepat dari IndiHome dan program Langit Musik dari IndiHome, keberadaan musik Indie makin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan musisinya semakin berkembang

    ReplyDelete
  14. Dulu-dulu, band yang awalnya indie setelah lagunya disukai pasar, jadi banyak yang dilamar oleh label besar. Kalau band indie yang nggak sampai booming ya paling dari panggung ke panggung atau bikin album dengan jumlah keping seadanya.

    Setelah era internet dan ada aplikasi streaming musik seperti Langit Musik ini, musisi indie banyak yang melesat. Keren!

    ReplyDelete
  15. Sekarang kalau mau menikmati radio bisa melalui layanan Langit Musik karena ada fitur FM Radio Streaming ya. Memudahkan banget kalau mau mendengarkan radio jadi nggak perlu perangkat khusus lagi.

    ReplyDelete
  16. dengan adanya platform Langit Musik ini, musik indie jadi lebih bisa tersebar luas ya, pendengarnya pun juga jadi beragam.
    langganan Add-On Langit Musik juga mudah ya, hemat pula.

    ReplyDelete
  17. Emang Langit Musik ini sudah sejak dulu mendukung industri musik di tanah air ya, Kak. Band Indie pun mendapat tempat yang tak kalah saing dengan musisi tanah air yang papan atas ya, bahkan beberapa lagunya lebih mudah diselami, eaa :D

    ReplyDelete
  18. Saya suka banget dengan Langit Musik ini Mbak. Selain menjadi teman setia saat harus fokus bekerja di depan laptop, juga biayanya yang irit banget. Seharga gorengan 10K aja udah bisa menikmati Langit Musik dengan kualitas yang maksimaaal sebulan penuh, mantep gak tuh!

    ReplyDelete
  19. Distribusi musik jadi bisa menjangkau ya kak, ini jadi manfaat positif buat musisi indie lebih berkembang

    ReplyDelete
  20. Sekarang tuh yang penting mau berkarya. Karena ada internet yang membantu untuk membuat karya kita bisa dikenal oleh khalayak ramai. Bila musik, ada layanan add on untuk Langit Musik bisa berlangganan IndiHome. Dan ini bisa membantu pemusik indie untuk mendapatkan royalti.

    By Yuni Bint Saniro

    ReplyDelete
  21. Betul banget. Dengan adanya Langit Musik, menguntungkan semua pihak. Selain itu, para band indie bisa membuat profil mereka sendiri, dan lainnya.

    ReplyDelete
  22. Add on langit musik ini sangat membantu sekali ya untuk musisi indie atau lokal yang ingin berkarya

    ReplyDelete
  23. Kayaknya memang harus dengerin koleksi musik di langit musik deh. Bagus bagus dan karya anak bangsa semua. Rekomended nih

    ReplyDelete
  24. Dulu maah enak yaa dengerin musik dari mp3 ajaa lebih okee, tapi kalo skrg mah lewat Langit Musik yaa enakeuun bisa dengerin dimana aja dan kpaan ajaaa

    ReplyDelete
  25. inget jaman dulu dengerin musik terupdate cuma dari radio hehe.. sekarang makin banyak band indie yang bagus-bagus makin mudah juga pemasarannya karena udah banyak platform streaming musik yang gratis pula

    ReplyDelete
  26. Jadi pengen berlangganan Langit Musik juga nih apalagi harga berlangganannya sangat terjangkau gini. Dengerin musik jadi makin mudah dan praktis disisi lain juga membantu perkembangan musisi lokal nih kalau ikut berlangganan.

    ReplyDelete
  27. Jaman sekarang lebih mudah untuk menyebarkan lagu hasil ciptaan band indie, beruntung Langit Musik punya program yg berbeda dalam hal pembayaran via aplikasi dengan konsep bagi hasil fifty fifty.

    ReplyDelete
  28. aku beberapa kali ketemu dan ngobrol sama musisi-musisi lokal dan mereka mengamini banget kalau platform streaming ini jadi wadah dan alternatif buat mengenalkan karya mereka. di Langit Musik juga banyak manfaat buat musisi dan pendengarnya

    ReplyDelete
  29. dulu jaman SMA mp3 player booming banget ya hahaha sekarang adanya langit musik sangat mudahkan kita untuk streaming musik tanpa perangkat yg ribeet hahaha

    ReplyDelete
  30. Menambah penghasilan ini yang buat tertarik banget sih. Gini para pemusik lokal bakalan semakin semangat juga berkarya jika dapat support ginian dari Langit Musik.

    ReplyDelete
  31. Kerja gak sambil dengerin musik rasanya hampa, makanya bersyukur banget sekarang banyak platform streaming musik gini. Apalagi banyak banget musik indie yang easy listening lho

    ReplyDelete
  32. Ada banyak fitur ketika sudah berlangganan Add On Langit Musik ya..
    jadi kini streaming musik indie dan musisi lokal semakin nyaman.

    ReplyDelete
  33. jelas pengaruhnya besar banget nih kak, musisi band-band indie bisa terangkat pamornya, apalagi music indie zaman dulu kn enak didengar, jadi kayak nostalgia dong, he

    ReplyDelete

Post a Comment