Self Acceptance : Kunci Hidup Bahagia

self acceptance kunci hidup bahagia

Kehidupan masyarakat di Era Globalisasi semakin kompleks dan majemuk, tuntutan untuk bisa mengikuti arus kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, industrialisasi yang serba instan dan begitu cepat tidak bisa dielakkan. 

Keanekaragaman kehidupan tersebut tidak saja membawa dampak positif bagi perkembangan individu, tetapi juga membawa problem sosial. 

Sebagai akibatnya individu dalam masyarakat dituntut untuk membuat berbagai macam bentuk penyesuaian diri yang terkadang sulit untuk dilakukan. 

Kemarin, ada salah seorang teman di WAG sempat mengatakan bahwa ia merasa kurang percaya diri, merasa ilmunya kurang mumpuni, merasa diri tidak layak, tidak capable dalam melakukan sesuatu, tidak berguna, banyak kelemahan dan hal-hal negatif lainnya. Padahal bisa saja itu karena dia tidak mengetahui potensi dan kelebihannya.

Dari kasus tersebut, aku pikir temanku ini belum paham konsep Self Acceptance

Apa itu Self Acceptance?

Self Acceptance (penerimaan diri) merupakan sikap positif terhadap dirinya sendiri, ia dapat menerima keadaan dirinya secara tenang, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 

apa itu self acceptance

Mereka bebas dari rasa bersalah, rasa malu, dan rendah diri karena keterbatasan diri serta kebebasan dari kecemasan akan adanya penilaian dari orang lain terhadap keadaan dirinya.

Menerima diri memiliki penghargaan yang tinggi terhadap diri sendiri, atau lawannya, tidak bersikap sinis terhadap diri sendiri. Di samping itu, pandangan orang lain terhadap diri individu merupakan faktor yang penting karena akan berpengaruh terhadap perilaku individu. 

Jika pandangan orang lain terhadap diri baik, akan mendorong individu untuk melakukan penyesuaian diri dengan baik pula. Sebaliknya bila individu tidak menerima dirinya akan masuk dalam situasi frustasi yang bisa menimbulkan ketidakberdayaan, dan akhirnya sulit untuk melakukan penyesuaian diri. 

Orang yang memahami akan konsep Self Acceptance ini juga cenderung akan menghargai orang lain, tidak ‘nyinyir’ maupun menganggap remeh kemampuan orang lain.

Kebahagiaan Dimulai dari Diri Sendiri

Penerimaan diri merupakan satu di antara faktor yang penting dalam mencapai kebahagiaan. Baik itu merupakan penerimaan diri sendiri maupun penerimaan sosial. 

Kemampuan seseorang untuk mengakui kenyataan diri secara apa adanya termasuk juga menerima semua pengalaman hidup, sejarah hidup, latar belakang hidup, dan lingkungan pergaulan. 

Sederhananya, Self Acceptance atau penerimaan diri adalah menerima kelemahan dan kelebihan kita. Penerimaan diri yang tinggi akan membantu percaya diri dalam memutuskan sesuatu. Apapun hasilnya, itu adalah hasil dari tindakan yang terbaik. 

Tak perlu takut gagal, menerima kekurangan dan kegagalan berarti siap untuk berubah menjadi lebih baik. Sayangnya belum banyak yang menyadari bahwa kebahagiaan bisa diciptakan dengan menerima diri sendiri dan hal itu akan tercipta suasana yang menyenangkan. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai penerimaan diri sendiri!

Ciri-ciri Self Acceptance

Ciri seseorang yang dapat menerima dirinya atau Self Acceptance, diantaranya;

1. Menerima diri sendiri apa adanya

Disadari atau tidak, menerima diri sendiri itu hal yang tersulit untuk dilakukan. Seringkali kita merasa terlalu banyak kekurangan yang ada dalam diri kita. Terlebih jika kita didiagnosa memiliki suatu penyakit fisik atau psikis tertentu. 

Tentu hal tersebut semakin sulit membuat kita menerima diri sendiri. Namun, jika kita dapat menerima realita yang ada pada diri kita dengan lapang dada, tentunya kita dapat menerima diri sendiri apa adanya.

ciri-ciri self acceptance

2. Tidak menolak dirinya sendiri

Menyadari, memahami, serta menerima kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya. Tidak menafikan kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya tersebut.

3. Memiliki keyakinan untuk mencintai diri sendiri

Saat kita menghadapi realita yang kurang menyenangkan, seringkali kita merasa membutuhkan kehadiran atau cinta dari orang lain. Sementara kita tidak selalu mendapat cinta dari orang lain dan tidak selalu ada orang yang hadir saat kita merasa terpuruk. 

Padahal yang terpenting adalah cinta dari diri sendiri sehingga kita mampu menerima diri kita.

4. Tidak perlu merasa Sempurna

Jika seseorang memiliki jiwa Self Acceptance, orang tersebut tidak perlu merasa sempurna untuk merasa berharga di mata orang lain. Cukup dengan memandang sisi positif yang ada dalam dirinya. Sebab tidak ada manusia yang sempurna.


5. Mampu menghasilkan Karya

Setiap manusia pasti diberikan bakat yang tentunya tidak semuanya sama. Seseorang yang menerima dirinya dengan baik tentu akan menggunakan bakatnya sebaik mungkin. Dengan demikian, orang tersebut dapat bekerja atau menghasilkan karya yang berguna untuk masyarakat di sekitarnya.

Langkah awal Self Acceptance

Self Acceptance bisa dimulai dengan fokus untuk menyukai diri sendiri. Jadi, langkah awal adalah dengan menerima diri sendiri, entah bagaimanapun keadaanmu, kekuranganmu, bahkan kelebihanmu. 

Ini adalah langkah awal untuk kamu bisa menyukai dirimu sendiri yang akhirnya akan bisa menerima dan mencintai diri sendiri.


Meningkatkan Self Acceptance 

Untuk meningkatkan Self Acceptance, kita bisa melakukan perenungan mengenai apa yang sebenarnya kita pikirkan dan rasakan. Cobalah untuk menyingkirkan pikiran-pikiran dan emosi-emosi negatif yang selama ini mengganggu kita. 

cara meningkatkan self acceptance

Tentang kelemahan, kekurangan dan kesalahan yang sering mengganjal di pikiran kita. Setelah itu, cobalah untuk menerima segala kekurangan diri kita. 

Cobalah untuk menemukan apa saja kelebihan dan kekuatan kita. Jangan pernah berpikir kalau kita tidak punya kelebihan, kita semua pasti punya kelebihan, “Harus percaya itu!”

Terakhir, cobalah untuk mencintai diri sendiri. Setelah kita bisa mencintai diri sendiri maka akan mudah bagi kita untuk menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita.

Menerima diri sendiri apa adanya bukan berarti tanpa motivasi untuk melakukan perubahan, perbaikan bahkan pengembangan diri ya. Dengan kemauan untuk bisa menerima diri sendiri apa adanya, kita bisa memanfaatkan Self Acceptance ini untuk mendorong kita ke arah yang lebih baik, ke arah pengembangan diri.

Dengan Self Acceptance, kita bisa menerima kekurangan diri. Kita tidak menyesali dan menyalahkan kekurangan tersebut. Kita memaafkan dan memaklumi diri kita karena memiliki kekurangan itu.

Referensi:
pijarpsikologi.org
brilio.net
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

11 komentar

  1. semoga dengan self acceptance kita bisa terus bisa mengembangkan diri dengan menyadari kelebihan kita, bukan sebaliknya, merasa minder dengan kekurangan. ketje kak april tulisannya :)

    BalasHapus
  2. Tulisannya serasa menyadarkan ku mbaaak....ehehehehe terimakasih sudah menuliskan ini..

    BalasHapus
  3. Betul banget, Mbak. Yang banyak orang salah kaprah adalah mencintai diri sendiri itu tanpa melakukan apa pun. Padahal berubah menjadi lebih baik juga salah satu bentuk mencintai diri sendiri.
    Mantap banget nih tulisannya. Harus dibaca banyak orang nih, karena sekarang ini banyak yang merasa insecure dan belum bisa menerima diri sendiri

    BalasHapus
  4. Self acceptance ini nampaknya semakin sulit diterapkan karna dampak pandemi jg ya mbak, gabisa kemana mana jadi semakin banyak bengongnya, semakin banyak overthinkingnya, alhasil jadi insekyurr 😅

    BalasHapus
  5. Noted, Kak..
    Ini lagi belajar menerima diri sendiri, tapi rasanya susah banget :)

    BalasHapus
  6. waahh bener banget nih,,,
    apalagi untuk penerimaan diri itu butuh proses yang tidak sebentar harus diulang-ulang dan sabar.
    inilah yang sedang aku jalani. benar-benar pikiran negatif itu bisa merusak diri sendiri. bikin capek hehehe

    BalasHapus
  7. Bener deh, aku juga pernah merasa insecure, ngga capable dalam banyak hal, dan tips2 ini relevan bangetttt. Makasihhh

    BalasHapus
  8. Suka banget sama tulisannya. Saya juga lagi belajar terus buat menerima diri sendiri

    BalasHapus
  9. Beberapa tahun lalu aku merasa insecure. Aku belajar dari pengalamanku dan mulai menerima kekurangan diriku & mencintai diriku sendiri. Memang benar, self accetance itu penting agar bisa hidup bahagia.

    BalasHapus
  10. Artikelnya mantab. Jadi bisa menerapkan Self Acceptance,pada diri sendiri

    BalasHapus
  11. kadang kita terlalu fokus pada satu kekurangan yang kita miliki. tanpa berusaha menerima diri apa adanya yang sebetulnya memungkinkan untuk menghadirkan banyak potensi diri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih bagi yang sudah berkunjung dan meninggalkan komentar.

Salam Hangat, April Hatni

Subscribe Our Newsletter