Alami Pegal-pegal dan Nyeri Sendi? Coba lakukan Gerakan berikut ini!

gerakan untuk mengurangi pegal-pegal dan nyeri sendi

Seiring bertambahnya usia, banyak sekali keluhan yang aku rasakan. Mulai dari badan rasanya capek, pegal-pegal, nyeri otot, sendi dan sebagainya. Aku yakin setiap orang pasti pernah mengalami hal yang sama. 

Kondisi tersebut disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada otot yang menyebabkan cedera otot atau tendon. Ketegangan otot sendiri juga diakibatkan oleh berbagai hal seperti kurangnya waktu tidur, pola diet yang salah, banyaknya aktivitas, stress dan lainnya.

Banyak hal yang dilakukan orang untuk mengatasi pegal terkadang seseorang memilih untuk melakukan pijat tradisional maupun menggunakan alat modern seperti kursi pijat. 

Beberapa orang juga ada yang mengoleskan minyak dan salep untuk menguranginya. Ada pula yang rajin mengonsumsi suplemen untuk mencegah tubuh terlalu capek.

Namun, aku sendiri memilih cara yang cukup sederhana, murah dan tentunya bisa dilakukan di rumah. Setelah browsing cukup lama, akhirnya aku temukan metode yang pas dan langsung aku praktikkan … eh bener loh, langsung terasa hasilnya.

Nggak butuh waktu lama, cukup beberapa menit … dan rasa pegal-pegal yang sedari tadi ogah menghilang, kini sudah lenyap. Mau tahu nggak? Langsung saja ya. 

Teknik gerakan yang aku temukan pada Channel Penyogastar Official namanya adalah Yoga Terapeutik. 

Yoga Terapeutik

Yoga Terapeutik ini dirancang untuk mencegah, mengurangi atau meringankan penderitaan struktural, fisiologis, emosional, penderitaan atau keterbatasan. Seperti osteoarthritis, skoliosis ringan, nyeri punggung bagian bawah, keterbatasan tubuh dan lain-lain. 

Yoga Terapeutik ini juga cocok untuk pemula dan latihan yang sangat efektif bagi yang ingin sembuh dari cedera dan sakit. Tak perlu pijat refleksi jika kita mengalami pegal atau nyeri sendi, dengan melakukan Yoga Terapiutik saja kita bisa mendapatkan hasil (sensasinya) rasanya seperti dipijat.

Badan sehat, peredaran darah lancar, dan bonusnya badan terasa ringan kayak habis refleksi. Tiga menit, sakit dan pegal akan hilang sekejap. Apa saja dan bagaimana gerakannya? 

Gerakan Yoga Terapeutik

1. Seated Forward Bend


Seated Forward Bend
Seated Forward Bend (Paschimottanasana) adalah pose klasik dari yoga Hatha. Pose ini memberikan peregangan yang baik pada seluruh bagian belakang tubuh, dari betis hingga paha belakang hingga tulang belakang.

Pose ini juga dianggap sebagai pose yang menenangkan. Dikatakan dapat membantu menghilangkan stress dan bahkan meningkatkan mood.


Langkah-langkahnya:

  • Mulailah duduk dengan posisi staff (tegak), kaki diluruskan. 
  • Inhale-ambil nafas (angkat tangan) kemudian exhale-hembuskan nafas dengan memegang dua telapak kaki.
  • Pegang jari-jari kaki sambil posisi badan tegak (selama 5 hitungan). 
  • Tegakkan badan sekali lagi dan tahan (selama 5 hitungan), semakin tegak badannya, pegal-pegal di bahu, di pinggang, sampai di punggung belakang akan hilang.
  • Angkat tangan kembali, lalu lepaskan ke bawah.

2. Reverse Table Pose


Reverse Table
Reverse Table memberikan peregangan yang dalam ke tubuh bagian atas, termasuk bahu, dada, perut, dan tulang belakang. Pose ini akan membangun kekuatan di seluruh otot inti dan otot yang mengelilingi tulang belakang. 

Ini juga meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh. Selain itu, akan memperkuat pergelangan tangan, lengan, bokong, kaki, dan punggung. Menyegarkan, memberi energi, dan meredakan kelelahan dan stress.

Langkah-langkahnya:

  • Tekuk kaki satu persatu, kedua tangan diletakkan di belakang (jari-jari menghadap ke depan).
  • lalu angkat bokong. (selama 5 hitungan)

3. Fish Pose


Fish Pose
Fish Pose ini dapat meregangkan bagian depan tubuh, termasuk dada, perut, pinggul, leher, dan punggung, serta melibatkan bagian tubuh yang sering diabaikan.

Langkah-langkahnya:

  • Letakkan kedua tangan di bawah bokong.
  • Angkat kepala (seperti mendongak ke atas), lalu jatuhkan ke matras (5 hitungan).
  • Lepaskan pelan-pelan.

4. Supine Spinal Twist Pose 


Supine Spinal Twist Pose
Pose ini diyakini dapat meningkatkan mobilitas tulang belakang dan dapat membantu pencernaan.

Langkah-langkahnya:

  • Tarik kaki yang terlipat ke arah yang berlawanan dengan posisi kaki yang lain tetap lurus.
  • Posisikan pula kepala agar berlawanan arah. Tahan selama 20-30 detik ya.
  • Tekuk kaki sebelah kanan, jatuhkan ke samping
  • Buka tangan kanan, bahu sebelah kanan harus menempel di matras atur nafas, ambil dari hidung lalu hembuskan melalui mulut 
  • Lakukan sebaliknya (bagian kiri) dengan 5 hitungan


5. Reclining Big Toe  


Reclining Big Toe
Pose ini dapat meregangkan paha belakang dan betis, membantu mengurangi sakit punggung dan mengatasi postur punggung bawah yang datar. Secara tradisional, pose ini dikatakan meningkatkan pencernaan.

Langkah-langkahnya:

  • Luruskan kaki sebelah kiri (pegang dengan kedua tangan), cium lutut bila memungkinkan (5 hitungan per side).
  • Lakukan sebaliknya di bagian kanan. 

6. Hero Pose


Hero Pose

Yang terakhir adalah Hero Pose. Hero Pose ini dapat meregangkan paha depan dan pergelangan kaki, membantu membangun kelenturan pada lutut, pergelangan kaki, dan paha. Pose ini sangat nyaman untuk menghilangkan nyeri persendian bagian pinggang, paha, lutut sampai ke betis dan punggung kaki.

Langkah-langkahnya:

  • Tekuk kaki satu persatu. 
  • Letakkan kedua tangan ke atas (saling memegang).
  • Lakukan pose ini agak sedikit lama.
  • Rasakan peregangan pada paha atas, pinggang bagian belakang, di bahu.
  • Balik pelan-pelan, bangunkan lagi tangannya.
  • Kembali ke posisi duduk.

Catatan: Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan 6 gerakan tersebut di atas secara rutin. Atur napas saat latihan, ambil melalui hidung dan buang melalui mulut.

Referensi:
colouryoga.com
Penyogastar Official
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter