Cemilan Yang Nggak Bikin Gemuk

cemilan yang nggak bikin gemuk


Bagi Anda yang suka Ngemil, namun takut Gemuk, sudah nggak perlu khawatir lagi. Cemilan berikut aku rekomendasikan buat kamu, kamu dan kamu yang suka ngemil dan nggak bikin badan melar. So, cekidot!

1. Kacang Almond

Almond atau Prunus Dulcis, adalah tanaman asli dari Timur Tengah. Di Indonesia, Almond ini lebih dikenal dengan Kacang Badam. Almond sebenarnya bukan merupakan bagian dari kacang, tapi lebih pada buah berbiji yang memiliki kulit luar dan diselubungi cangkang keras. Karena bentuknya itu, banyak orang mengategorikannya sebagai kacang.

kacang almond


Kacang Almond dikenal memiliki cita rasa yang gurih, bertekstur renyah, dan tentunya lezat. Tak jarang Almond dijadikan taburan, campuran, atau menjadi kudapan. Tak hanya itu, di balik kenikmatannya, Almond juga memiliki banyak manfaat yang bisa salah satunya untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi Almond setiap hari nggak akan menambah gendut, meskipun mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak setiap hari. Para ilmuwan di balik penelitian ini percaya bahwa Almond menjaga seseorang dari rasa lapar di antara waktu makan.

Hal ini dikarenakan Almond mempunyai sifat kaya akan serat dan nutrisi yang menurunkan nafsu makan. Selain itu, makan Almond ternyata dapat mempercepat proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak menimbun kelebihan lemak dan gula.

Oleh karena itu, tak jarang bagi para pelaku diet memasukkan Almond ke dalam daftar camilan sehari-hari, termasuk aku sendiri. Di rumah aku selalu menyediakan Almond buat ngemil, karena pada saat PMS atau masa subur, kepenginnya ngemil terus. Kamu juga begitu nggak?

2. Kacang Mete

Yang kedua adalah Kacang Mete atau Kacang Mede. Kacang yang diambil dari buah Jambu Mete alias Jambu Monyet ini memiliki kalori yang cukup tinggi, serta mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Kacang mete juga mengandung vitamin K, vitamin E, Folat, dan vitamin B, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, dan zat besi.

kacang mete


Banyak penelitian yang mengatakan bahwa Kacang Mete dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit, serta baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Diantaranya mengurangi resiko penyakit Jantung, mencegah kurang darah (Anemia), sumber energi, memelihara kesehatan Tulang, memelihara kesehatan Mata, mencegah Batu Empedu dan yang terakhir menjaga berat badan.

3. Pistachio

Pistachio (Pistacia vera L., Anacardiaceae) adalah sejenis tanaman penghasil biji-bijian yang dikenal sebagai Kacang Pistachio. Kacang ini adalah jenis kacang yang tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan Barat. 

pistachio


Selain rasanya gurih dan enak, jenis kacang ini juga mempunyai banyak manfaat seperti Almond dan Mete dari segi kesehatan. Diantaranya meningkatkan mood, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko Kanker, dan mengontrol berat badan. 

Kandungan serat yang tinggi pada kacang ini akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol nafsu makan. Jadi, bisa nih dijadikan alternatif Cemilan diet sehat. 

4. Muesli

Muesli terbuat dari Gandum utuh yang diolah lagi (rolled Oat) dicampur dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Buah kering yang digunakan biasanya Cranberry, Kurma, Aprikot, Anggur, dan Ceri. Kandungan seratnya yang tinggi ditambah dengan berbagai macam buah kering, membuat kenyang lebih lama sehingga bisa menekan rasa lapar.

muesli


Cara mengonsumsinya pun terbilang mudah, bisa langsung dimakan (sebagai Cemilan) atau dicampur dengan Susu, kalau aku sendiri suka mencampurnya dengan Susu Kedelai. Rasanya nikmat dan yang pasti kenyangnya lebih lama.

Nah, itulah beberapa jenis Cemilan yang cocok buat kamu para pelaku diet sehat dan suka ngemil. Selamat mencoba! 

Referensi:
klikdokter.com
alodokter.com
wikipedia.or.id
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

12 komentar

  1. Keren mbak, bisa jadi referensi bagi para pejuang diet hehe

    BalasHapus
  2. Uuuu makanannya belum ada di warung-warung biasa hehe

    BalasHapus
  3. Cocok banget dibaca nih sama temen-temen yang mau punya badan ideal. Hehe

    BalasHapus
  4. meskipun ngemil, tetap sehattt...yesss

    BalasHapus
  5. Cocok banget buat yang suka ngemil, tapi nggak mau jarum timbangan ke kanan :

    BalasHapus
  6. Wah, cocok dengan saya yang kelebihan berat badan. Terima kasih tipsnya, Kak. 🙏😊

    BalasHapus
  7. Almond bagus jg buat bumil & busui.

    BalasHapus
  8. Yah.... Aku pen kurus tapi ngemilnya nggak pernah yang begitu..

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah makan pstachio dan muesli, rasane piye ya? Tapi keknya kacang almond dan mete masih diluar jangkauan nih karena agak mehong dibanding kacang yang lain 😁

    BalasHapus
  10. susah nyari itu dikampung saya mbak.... :)

    BalasHapus
  11. Cocok nih infonya buat Saya biar g ngemil aja😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih bagi yang sudah berkunjung dan meninggalkan komentar.

Salam Hangat, April Hatni

Subscribe Our Newsletter