Mini Project Orientasi Komunitas IIP

Sejak Work from home dan stay at home mulai diberlakukan pemerintah Qatar 3 minggu yang lalu, kami dari pengurus Komunitas Ibu-ibu QP Mesaieed mempunyai inisiatif untuk mengadakan kegiatan secara online, mungkin bisa berupa kuis atau sharing ilmu. Supaya tinggal di rumah tidak membosankan dan kewarasan para member pun terjaga, haha…

Namun sayangnya, di sisi lain kami pun harus mendampingi anak-anak untuk mengerjakan tugas dari sekolahan yang hampir setiap hari adaa terus. Wuah, peran mamak di sini jadi double, selain memasak, beberes rumah (vacuum, mengepel), menyetrika juga membantu anak-anak untuk menyelesaikan PR dari sekolah. Stress? Iya banget, belum lagi mamak juga harus menyiapkan waktu khusus ‘Me Time’ untuk mengembangkan diri, mengupgrade diri dengan kelas onlinenya juga nggak kalah memenuhi waktu dan pekerjaan sehari-hari.

Good News Tepat hari Kamis, 26 Maret 2020 saya mendapatkan informasi di WAG pengurus melalui ibu Wakil Ketua Komunitas kami, Bu Waketu menginformasikan jika ada salah seorang Psikolog yang bersedia dan menawarkan diri untuk berbagi ilmu secara online di komunitas kami. Dan kami rasa topik yang akan diangkut pas dengan situasi sekarang ini. Yaitu Kesehatan Mental di tengah pandemi Virus Corona. Baiklah, saya rasa ini penting buat saya dan semua ibu-ibu dimana saat ini dengan masifnya berita mengenai Covid-19 yang membuat beberapa orang (emak-emak pada umumnya) cemas, panik bahkan mungkin ketakutan, tak ada salahnya ...cuzz langsung bungkus. 

Dan akhirnya, sepakatlah kami para pengurus untuk mengadakan dan mengemas kegiatan tersebut dalam bentuk Kuliah WhatsApp (kulwhap). Pun di hari yang sama kami menyusun tim panitia, mulai Moderator, Co-Moderator dan seksi publikasi. 

Kebetulan peran saya di komunitas adalah sebagai Sekretaris, jadi mulai hari Jumat sudah merancang untuk penyusunan template Flyer, menyiapkan narasi/infografis, penyusunan Rule dan Tatib, Tanda kasih (Souvenir) bagi peserta dan Narasumber serta pembuatan WAG Kulwhap. Alhamdulillah pada Hari Sabtu Flyer sudah siap dipublikasikan. Selagi masih ada waktu lima hari, kami pun menyiapkan segala keperluan, koordinasi dengan Moderator dan juga Narasumber.

Berikut Deskripsinya
Bentuk kegiatan : Kuliah WhatsApp (Kulwhap) 
Tema : Kesehatan Mental dan Covid-19 
Narasumber : Fajriati M Badrudin, S.Psi, Psikolog 
Moderator : Eka 
Co-Moderator : April 
Publikasi : Ani dan Endah 
Sasaran : Ibu-ibu yang tinggal di dalam atau luar Qatar (terbuka untuk umum dan gratis) 
Waktu : Rabu, 1 April 2020 
Jumlah Peserta : 117 partisipan (peserta)
Estimasi dana : waktu itu belum ada diskusi mengenai dana, karena memang Narasumber tidak memungut biaya (gratis). Namun agar kegiatan meriah dan para member semangat ikut menimba ilmu, maka kami adakan kuis dan hadiah akan diambilkan dari KAS.  

Parameter keberhasilan : Kulwhap berjalan lancar, tanpa ada gangguan teknis, baik dari segi pengelolaan WAG maupun jaringan internet, antusiasme dari peserta serta kesiapan, koordinasi Moderator dan Co-Moderator dalam bertugas dan feedback positif dari peserta. Alhamdulillah Kulwhap berjalan dengan lancar dan mencakup semua indikator tersebut. 

#miniproject
#komunitasibuprofesional
#institutibuprofesional
#orientasikomunitas
#April2020
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter