Canva ~ Review


Untuk Aplikasi ke-3  yang juga sering saya gunakan di sini adalah Canva.

Canva merupakan Program Design Online yang menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, flyer, infografik, banner, card invitation, presentation, facebook cover dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga alat editing untuk foto, diantaranya ada photo editor, photo filters, photo frame, stickers, icon dan desain grids.

Situs ini dirancang khusus untuk desain grafis, cukup mudah dipelajari sekalipun untuk pemula. Hanya memerlukan 1 akun saja kita bisa belajar membuat desain grafis sesuai keinginan dan ide kita sendiri. Canva merupakan salah satu software editing foto online terbaik dan menariknya lagi kita bisa menggunakan nya secara GRATIS. 
Kita bisa install aplikasinya di HP atau langsung meluncur ke websitenya www.canva.com

REVIEW 

Mengenal Aplikasi ini sejak 2 tahun silam, saat pertama mengikuti kelas Matrikulasi IIP. Yah, waktu itu ada salah satu teman kelas yang menggunakan Aplikasi ini. "Wah, keren nih. Setingkat design profesional" gumamku waktu itu. Nah, akhirnya tanpa pikir panjang langsung deh download/install Aplikasi tersebut di HP.

Awalnya agak kaku memang, karena kan selain butuh kreatifitas juga sangat banyak dan beragam jenis design yang tersedia di situ (kewalahan /bingung mau pilih template yang mana, gitu...haha…).
Namun seiring berjalannya waktu dan kebutuhan, mau ga mau harus dieksplor lebih dalam supaya ngga mubadzir.

Nah, iya bener. Setelah dieksplorasi lebih dalam, akhirnya jadi biasa dan ngga kaku lagi. Apalagi sekarang karena tuntutan tugas, sering buat Flyers undangan, pemberitahuan maupun saat membuat Resume kegiatan komunitas di sini. 

⚠️Caranya menggunakannya gampang banget⚠️

1. Login ➡️
Untuk dapat menggunakan Canva, terlebih dahulu kita harus menyiapkan sebuah akun email, akun facebook atau akun Google Plus. Untuk Login, kita cukup pilih salah satu akun yang kita miliki kemudian klik persetujuan untuk pembacaan data akun oleh Canva, maka kita akan langsung bisa menggunakan Canva.

2. Pilih design ↖️
Pada dashboard akun terdapat pilihan desain yang sudah disediakan diantaranya social media post, document, blogging dan ebooks, marketing material, event dan ads.
Pilih dengan cara klik salah satu desain yang ingin kita buat.

3. Editing 📝
Setelah memilih desain, kita akan diarahkan pada panel editor. Di bagian tersebut terdapat beberapa tool editing yang bisa digunakan untuk membuat desain seperti layout, element, text, background dan menu untuk upload foto.

4. Download 📥
Setelah selesai mengedit/membuat desain, kita bisa langsung mengunduhnya atau bisa juga langsung share ke social media. Tapi perlu diingat, ada beberapa layout berbayar dan ada juga yang gratis, jika menggunakan layout atau background yang berbayar dari Canva kita akan dikenakan biaya $1 untuk bisa mendownload nya. Namun, jika menggunakan foto sendiri tentu saja tidak dikenakan biaya, pun ada beberapa font maupun icon yang sifatnya berbayar. 

Ada juga beberapa tipe File yang bisa di download, seperti bentuk file jpg, png dan juga pdf, jadi bisa memilih sesuai kebutuhan kita. (Lebih lengkapnya, bisa klik di sini.)

✅ Kelebihan  Canva
  • Canva tidak perlu diinstal di komputer karena berbasis aplikasi web.
  • Canva mendukung semua bahasa.
  • Tampilan Canva sangat sederhana namun user friendly.
  • Mudah digunakan oleh siapapun karena adanya fitur drag and drop.
  • Tersedia berbagai font dan template yang menarik.
  • Tanpa watermark
  • Hasil project desain dapat didownload dan disimpan dalam berbagai format (JPG, PNG dan PDF).
  • User atau pengguna Canva dapat membagikan hasil karya mereka serta melakukan kolaborasi dengan tim atau desainer lainnya dalam hal menghasilkan desain yang lebih menarik dan profesional.

🛑 Kekurangan  Canva
  • Canva membutuhkan koneksi internet untuk dapat digunakan.
  • Dibutuhkan biaya 1$/project untuk dapat mendownload atau menyimpan file Canva ke Komputer atau HP untuk penggunaan layout atau background premium.
#Bunsaylevel12
#KeluargaMultimedia
#kuliahbundasayangIIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter