aprilhatni.com

Aliran Rasa "Menstimulus Anak Suka Membaca"

Post a Comment

Alhamdulillah bisa menyelesaikan 10 hari tantangan berturut-turut tanpa skip ditengah-tengah kesibukan yang lumayan padat di awal tahun ini.

Pada saat materi level 5 ini launching sebenarnya agak sedikit tergelitik (menertawakan diri sendiri), saya yang sekian tahun jarang membaca buku (fisik) tiba-tiba digiring untuk ‘mau ga mau harus melakukannya’, hahaha…

Karena saya ini termasuk tipikal “jika butuh/perlu, baru baca” mencari referensinya, namun saat ini yang sering saya baca ya e-book, itupun secepat kilat (skimming) dan tak perlu butuh waktu lama. Yah, sangat bersyukur sekali ada materi ini di kelas Bunsay.

Saya akui, dalam keluarga kami suami lah yang hingga sampai detik ini tidak pernah melewatkan buku walaupun sehari, kebiasaan membaca memang beliau miliki sejak dulu. Namun, saya yang sudah bertahun-tahun mendampinginya kok sulit juga tertular, hehe…

Untunglah anak-anak tidak meniru saya, si Kakak sejak kelas 4 (Primary) sudah kelihatan suka membaca. Sering membawa buku yang dipinjamnya dari perpustakaan sekolahnya, baik itu buku fiksi maupun non-fiksi. Sementara, adeknya ini yang kelihatannya kurang. Mungkin karena masih kelas 2 atau sebab lainnya hal ini yang kemarin saya coba usut tuntas dengan melibatkannya dalam tantangan 10 hari di Games Level 5 ini.

Waktu hari pertama, saya cek buku yang dibawanya dari sekolah dan saya lihat ada 3 buku yang dibawa Aqmar. Kemudian kami berdiskusi, dan Aqmar waktu itu memutuskan untuk membaca buku yang berjudul Whales and Dolphins. Buku ini memang agak sedikit tebal untuk anak seusia Aqmar, namun kontennya sangat bagus dan disertai banyak gambar serta link jika kita ingin mengetahui lebih lanjut tentang Paus dan Lumba-lumba ini.

Konsisten membaca setiap hari, walaupun hanya 1-2 halaman per hari. Hingga hari ke-5 saya tunjukkan Pohon Literasinya, alhamdulillah dia sangat senang sekali dan lebih bersemangat dengan mengajukan beberapa buku yang ingin dibacanya untuk hari selanjutnya. Dan sampailah 10 hari, Aqmar telah membaca 4 buku dan setiap selesai membaca, ia otomatis selalu menceritakan isinya. Alhamdulillah...semoga mamaknya ini juga konsisten dalam hal ini..he...

#AliranRasa
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP
#BunsayBatch4Internasional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment