Program-Family Project Hari ke-1

Bismillahirrahmaanirrahiim ... Wow wow wow!!! kalimat pertama yang muncul sejak diberikan tugas Level 3 tentang Family Project, jujur level ini memang benar-benar tantangan yang sangat luar biasa. Iya, seharian penuh mulai putar otak, berpikir-pikir sambil melakukan aktivitas domestik kira-kira project apakah yang cocok dengan kondisi saat ini dan agar semua anggota keluarga bisa terlibat. Setelah sempat sebentar berdiskusi dengan suami, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil suatu tema tertentu yang akan kami jadikan sebagai project keluarga untuk 1 bulan.

APA ITU “FAMILY PROJECT”?
Family Project  adalah aktivitas  yang secara sadar dibicarakan bersama, dikerjakan bersama   oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara bersama pula.
Sehingga rumusnya adalah sebagai berikut: ACTIVITY + MANAGEMENT AND ORGANIZATION = PROJECT (padepokanmargosari.com) Jadi, manfaat Family Project adalah:
  1. Sebagai sarana komunikasi dan meningkatkatkan bonding (ikatan) antar anggota keluarga.
  2. Sebagai sarana menguatkan core values (nilai) keluarga.
  3. Melatih kemandirian, mengambil peran dan tanggung jawab.
  4. Menstimulus kecerdasan.
Latar Belakang: Membiasakan untuk hidup bersih harus diberikan sejak dini kepada anak-anak kita, terutama untuk lingkungan rumah dan sekitarnya. Karena dengan hidup bersih, hidup menjadi sehat.  Pembiasaan tersebut juga dapat melatih anak untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Membuat mereka lebih peka atau peduli pada lingkungan mereka berada dan tentunya akan menjadikan habit/kebiasaan nantinya. Lingkungan yang bersih dan sehat adalah dambaan semua orang, di manapun kita berada dan apapun yang kita pakai senantiasa mengutamakan kebersihan sehingga kita merasa nyaman. Banyak sekali manfaat yang akan didapat jika kita mampu menanamkan sikap cinta lingkungan sejak anak-anak berusia dini. Dari segi psikologi, penanaman sikap ini dapat membuat anak belajar dan tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan bertanggung jawab. Anak juga akan mampu mencintai alam dan memiliki kesadaran untuk merawat serta menjaga karunia Tuhan tersebut. Jika kita menanamkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak, secara tidak langsung kita juga turut berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan di bumi agar tidak semakin rusak dan tercemar. Menanamkan pengetahuan kepada anak-anak kita akan pentingnya menjaga lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Dengan latar belakang di atas, maka tema project yang akan kami laksanakan nanti adalah “I LOVE THE EARTH” dengan sub tema RUMAH BERSIH, LINGKUNGAN SEHAT & NYAMAN. Berikut adalah rancangan kegiatan dari Project/program di atas:

My Family, My Team. Yess we can, insyaallah!
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter