Agar menjadi Ibu yang bahagia, coba lakukanlah hal berikut ini!

7 Hal yang wajib dilakukan, Agar Ibu Bahagia


Bahagia itu nggak akan datang dengan sendirinya. Harus dicari dan diusahakan. Begitu pun halnya kalau kita mau menjadi ibu yang bahagia. Menjadi ibu itu rasanya bahagia, memang benar. Tapi dalam perjalanannya, nggak sedikit dari kita yang mulai kehilangan kebahagiaan menjadi ibu. Karena seringkali kita terlalu keras pada diri sendiri. Ingin menjadi super mom atau perfect mom, tanpa kita sadar bahwa nggak ada yang sempurna di dunia ini. Dan kata super itu hanya berlaku di film-film superhero besutan Marvel atau quotes bijak milik bapak Mario Teguh:).

So, dalam rangka ingin terus mengingatkan sesama ibu, bahwa di tengah ketegangan, kesibukan dan tanggung jawab kita yang segambreng itu, jangan sampai kita lupa rasanya berbahagia. Jangan sampai kita lupa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Cintailah apa yang telah kau miliki saat ini
Ibu yang bahagia tidak akan membandingkan dan berkompetisi tentang apapun. Tentang kemampuan anak-anak. Tentang finansial. Tentang pasangan. Tentang kemampuan diri sendiri. Just love what you have, mom!

2. Nggak malu meminta bantuan
Jangan pernah ragu atau takut meminta bantuan dari keluarga atau teman-teman kita, kalau memang kita memerlukannya. Ingin me time? Minta tolong kerabat menjaga anak. Lelah mengurus rumah cukup meminta ke suami untuk membantu. Nggak ada yang salah dengan meminta tolong.

3. Keluar rumah
Berasa nggak kalau hidup kita itu hanya seputaran rumah, jalan, kantor atau kadang-kadang mall? Keluarlah sekali-kali. Menikmati udara pagi, sinar matahari yang masih bersahabat, jalan-jalan sama si kecil ke taman-taman yang sekarang makin banyak.

4. Traveling
Nggak ada budget berlebih? Ya nggak kenapa-kenapa, nabung dulu aja. Bikin tabungan untuk traveling.

Buat saya pribadi, traveling benar-benar me-recharge energi. Saya mengunjungi tempat baru, kuliner lokal, atau sekadar menjauh sedikit dari rumah.

5. Girl’s out
Dalam seminggu, biasanya saya ada satu atau dua hari yang khusus untuk jalan sama teman-teman. Jogging lah, nge-gym atau hanya sekedar 'rujakan' dan minum-minum cantik. Nggak perlu mahal, but at least saya ada obrolan lain di luar topik tentang anak dan keluarga.

6. Little sweetness
Rutin bercinta udah pasti sih. Cuma yang mau saya tekankan di sini adalah, di luar urusan tempat tidur, masih banyak hal lain yang lebih sederhana yang perlu di-maintain bersama suami. Ciuman setiap pagi, pelukan saat mau berpisah, message atau telepon singkat. Dari hal-hal sederhana seperti ini, senyum di wajah kita bisa lebih bertahan lama, hahaha.

7. One on One Time
Tips ini khusus untuk yang punya anak lebih dari satu. Jangan lupa kalau setiap anak itu memiliki kebutuhan emosi yang berbeda. Jadi luangkan waktu untuk pergi berdua untuk masing-masing anak. No sibling rivalry. Jangan lupakan juga si pak suami, ya. Selalu miliki waktu khusus untuk setiap anggota keluarga.

INGAT! Anak-anak tidak menginginkan ibu yang sempurna. Mereka hanya ingin ibu yang bahagia.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter